BAB III. PENUTUP. A. Kesimpulan PAKEM singkatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan. Aktif dimaksudkan dalam proses pembelajaran guru menciptakan suasana sedemikian rupa siswa aktif bertanya, mempertanyakan, mengemukakan gagasan.Kreatif dimaksudkan guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam memenuhi berbagai tingkat .
Strategi Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Menyenangkan) bertujuan mengembangkan potensi siswa secara aktif efektif menyenangkan. PAKEM menekankan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung siswa meningkatkan keterlibatan hasil belajar melalui interaksi, komunikasi, refleksi. Nilai-nilai karakter komitmen, tanggung
Pengertian Langkah-langkah Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) - Hilmi, (2015:38) mengatakan bahwa: Sejarah PAKEM pertama munculnya dikenal istilah Pakem, semula dikembangkan AJEL (Active Joyful Effective Learning).Untuk pertama di Indonesia pada 1999 yang dikenal istilah PEAM (Pembelajaran Efektif .
Di samping keaktifan guru, kreativitas guru sangat menentukan apakah scenario pembelajarannya berjalan tidak. C. Alasan Penerapan PAKEM Sekurang-kurangnya dua alasan pembelajaran model PAKEM diterapkan di Indonesia, yakni: 1. PAKEM lebih memungkinkan peserta didik guru sama-sama aktif terlibat pembelajaran.
A. PEMBAHASAN 1. Konsep Dasar Strategi Pembelajaran PAKEM Menurut Budimansyah strategi pembelajaran PAKEM berarti Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan. Aktif berarti selama proses pembelajaran, guru membuat suasana di siswa aktif bertanya, berbagi ide, mencari informasi data memecahkan masalah.
Strategi PAKEM masuk pengembangan strategi active learning, persamaan yang mendasari antara kedua strategi tersebut. Menurut T. Taslimuharom, proses strategi PAKEM dikatakan active learning mengandung komitmen, tanggung jawab motivasi proses pembelajarannya. Ketiga eleman merupakan alat .
Yang melandasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAKEM) antara lain filsafat Konstruktivisme yang menekankan peserta didik mampu mengintegrasikan gagasan dengan gagasan pengalaman awal yang dimiliki peserta didik. Harapannya mampu membangun makna bagi fenomena yang berbeda. (Lihat Paul Suparno).
PAKEM sebuah strategi pendekatan introduksional yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam mengembangkan ketrampilan, sikap pemahaman kegiatan penekanan belajar sambail bekerja secara mandiri. PAKEM akronim pembelajaran aktif, kreatif menyenangkan.
Di samping itu, PAKEM penerjemahan empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO; (1) learning know, mencari ilmu pengetahuan berupa aspek kognitif pembelajaran, (2) learning do, belajar melakukan yang aspek pengalaman pelaksanaannya, (3) learning be, belajar menjadi diri sendiri .
Vol. 2 No. 3 Strategi Pembelajaran PAKEM (Muharrida, dkk.) | 475 Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume 2, Nomor 3, 2024, Halaman 475-479 Licenced CC BY-SA 4.0 . yang di dalamnya terdapat kohesi yang kuat antara guru siswa, ada perasaan terpaksa tertekan (not pressure) (Mulyasa .
Jual 817 PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PEMIKIRAN-PEMIKIRAN